Selasa, 14 November 2017

Inilah fungsi IMEI yang sebenarnya!

Hasil gambar untuk imei
Saat kamu membeli sebuah handphone, baik dengan harga murah maupun mahal pasti semuanya memiliki nomor International Mobile Equipment Identity atau IMEI yang semuanya beda satu sama lain. Nomor IMEI sendiri menyimpan berbagai macam data yang berkaitan langsung dengan ponsel yang kamu miliki. IMEI biasanya terdiri dari 14 digit hingga 16 digit.

Semua handphone, mau android kek, mau ios, mau hp jadul semuanya mempunyai nomor IMEI. 

IMEI itu sendiri kependekan dari International Mobile Equipment Identity.

Namun, apakah kalian tahu apa itu IMEI? 

IMEI memiliki kode dikenal sebagai Type Allocation Code (TAC) yang dapat menunjukkan pembuat dan model dari ponsel tersebut.

Setiap kode akan terkunci dan tetap melekat pada ponselnya sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan SIM card. Jika kamu melakukan reset dan mengganti SIM card yang terpasang di ponsel tersebut, maka kodenya tetap sama dan tidak akan berubah. Maka dari itu, kamu dapat memanfaatkan IMEI untuk memblokir ponsel kamu jika ponsel tersebut dicuri orang. Caranya dengan melaporkan nomor IMEI yang kamu punya ke gerai resmi penjualan seluler.


Lalu, bagaimana cara kita tahu nomor IMEI pada gadget kita?

1. Nomor IMEI pada Android 
Untuk mengetahui nomor IMEI sebuah ponsel, caranya sangat mudah. Di smartphone Android, kamu bisa masuk ke menu Settings > About phone > Status. Cara lainnya adalah dengan mengetikkan kode *#06#.
Hasil gambar untuk imei
Selain dengan cara tersebut, Nomor IMEI biasanya terdapat pada bodi perangkat di balik baterai. Produsen biasanya juga mencantumkan stiker nomor IMEI pada kotak kemasan produknya.
Hasil gambar untuk imei

2. Nomor IMEI pada iPhone
Sama seperti di Android, untuk mengetahui nomor IMEI di iPhone bisa dengan mengetik *#06#, atau bisa juga dilihat di bodi bagian belakangnya, stiker kotak kemasan, dan di iTunes. 
Hasil gambar untuk imei 

Setelah kita tahu nomor IMEI kita, kita bisa catat agar sewaktu-waktu mungkin kita kehilangan smartphone kita, kita bisa lacak atau blok melalui gerai resmi / counter.
Berdasarkan format terbaru, IMEI berisi 15 digit angka yang unik dan tak mungkin sama atau kembar dengan yang lain, susunan IMEI yang terbaru adalah  AA-BBBBBB-CCCCCC-D, dimana:

 A => angka identitas untuk produsen
B => angka model telepon
C => angka identitas
D => angka akhir yang digunakan untuk mengkonfirmasi keseluruhan angka IMEI.

Lalu, apa fungsi sebenarnya IMEI itu?

Kebanyakan pengguna ponsel tidak menganggap penting IMEI, apalagi untuk mencatat atau menyimpannya. Padahal, IMEI memiliki fungsi cukup penting. Yang paling terasa, IMEI berfungsi saat ponsel hilang karena jatuh, lupa tempat menyimpannya, atau dicuri.
Jika itu benar-benar terjadi, kamu bisa langsung datang ke gerai operator seluler yang kamu gunakan kemudian mberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang kita gunakan. Dengan begitu, ponsel kamu bisa dilacak atau nomor ponselnya bisa diblok dan perangkatnya bisa dikunci untuk sementara.

Namun, seperti biasa, ada beberapa kejadian, dilaporkan angka IMEI dapat diubah oleh pencuri dan membuatnya dapat digunakan kembali. Jadi, untuk alasan ini, ia sering dikatakan angka IMEI perlulah disimpan untuk penggunaan pribadi, dan tidak dibagikan kepada umum, yang mana dapat membuat perangkat di kloning atau replika dengan mudah seperti yang beredar saat ini.

Sekian sedikit penjelasan tentang IMEI, mungkin  jika kalian kehilangan smartphone, jangan khawatir, kalian bisa lacak dengan nomor IMEI  pada gadget yang hilang, untuk artikel tutorial lacak hp yang hilang dengan nomor IMEI akan segera dibuat. Tunggu tanggal mainnya saja :)

0 komentar:

Posting Komentar