Kamis, 02 November 2017

VPN, Apa itu?

Hasil gambar untuk vpn 


Setelah di 2 post ane sebelumnya, kita sudah bahas tentang Root mulai dari pengertian root, keunungan setelah mendapat root access, konsekuensi rooting hingga cara rooting mudah tanpa pc, sekarang ane bakal bahas sedikit tentang VPN, oke..

A. PENGERTIAN VPN
          VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. VPN merupakan sambungan / koneksi satu jaringan dengan jaringan yang lain melalui public networking (Internet) secara Privat , iya lah namanya jg Virtual Private Network :p 
Jaringan ini tidak bisa terjalin langsung tanpa perantara Internet. VPN bersifat pribadi / rahasia karena data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirimkannya melalui jaringan internet, itulah definisi dari VPN.


http://www.vpngate.net/en/images/overview_bypass.jpg 
B. FUNGSI VPN
          Sambungan VPN memiliki banyak fungsi, diantaranya:

1. Kerahasiaan.
 VPN merupakan teknologi yang menggunakan jaringan internet atau jaringan publik yang tentunya sangat rawan terhadap pencurian informasi atau data. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan ata akan cukup terjamin dari pencurian data. Walau ada pihak-pihak yang bisa menyadap data-data yang melewati jaringan internet maupun jalur dari VPN sendiri, akan tetapi belum tentu yang menyadap dapat membaca data tersebut sebab data tersebut sebelumnya telah teracak. Dapat disimpulkan dari fungsi kerahasiaan ini maksudnya supaya data yang di transmisikan haya dapat diakses oleh orang yang memang berhak saja

2. Keutuhan Data
VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan informasi atau data mulai dari data tersebut dikirim kan hingga data tersebut sampai di tempat yang di tujunya. Sehingga data saat di perjalanan dapat terhindar dari berbagai macam gangguan seperti data hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Otentifikasi Sumber
VPN mempunyai kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan di terimanya. VPN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil, dengan begitu VPN dapat menjamin semua data yang di kirimkan dan juga yang diterima berasal dari sumber yang memang benar-benar seharusnya, tidak ada informasi atau data yang dikirimkan oleh pihak lain dan data yang dipalsukan. 


Jadi, dengan menggunakan VPN kita tidak hanya mengamankan koneksi namun kia juga bisa megoptimalkan performa atau kecepatan sambungan internet kita caranya adalah kita sambungkan ke server yang memiliki speed transfering-data lebih baik seperti singapura, jepang, USA, UK dll.
Sekian artikel singkat mengenai VPN, di post selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara kita mendapatkan sambungan VPN, di hp maupun di PC.

0 komentar:

Posting Komentar